Gasperini: Juventus, Inter, dan Roma Kini Tiru Atalanta

klasemen brazil serie b terbaru

 Gian Piero Gasperini menilai tim papan atas Serie A mulai meniru gaya main-main Atalanta. Inter Milan, Juventus, AS Roma kini memainkan tiga bek layaknya La Dea.

Gasperini jadi sosok dibalik melejitnya prestasi Atalanta dalam beberapa masa terakhir. Formasi 3-4-1-2 yang dikembangkan Gasperini menyulap La Dea jadi tim yang begitu haus gol dengan mengandalkan umpan pendek.

Atalanta di periode lalu duduk di peringkat ke-3 mampu jadi tim tersubur di Serie A dengan membuat 98 gol. Keran gol tim asal Bergamo ini tetap mengalir deras di masa ini.

Mereka kini menduduki puncak classement Serie A usai memperoleh hasil sempurna dalam tiga laga. Mereka memperoleh sembilan poin dengan menempa 13 gol.

Gasperini menilai keberhasilannya bersama Atalanta membuat tim-tim papan atas Serie A yang lain mulai meniru gaya main-main yang dikembangkannya. Inter Milan, Roma, Juventus dan Lazio kini juga main-main dengan tiga bek mirip dengan Atalanta.

Padahal Diawal mulanya, strategi 3-4-1-2 Gasperini tersebut sempat dianggap tidak sukses keseluruhan kala ia menukangi Inter pada 2011 silam. Ia dipecat oleh Nerazzurri setelah hanya melakoni lima laga yang semuanya mogok tanpa kemenangan.

"Saya sangat dekat dengan Atalanta pada 2011, tapi th itu saya bertolak ke Inter. Memakai tiga bek saat itu dianggap sudah kuno, tapi sekarang Inter, Roma, Juventus dan Lazio semuanya main dengan tiga bek," papar Gasperini dikutip dari Football Italia.

"Saya percaya ini merupakan cara paling baik buat membangun serangan dan akhirnya membuktikan bahwa saya benar."

"Saya mesti berterima kasih pada para pemain karena bisa mendalami gaya sepak bola saya. Beberapa kali orang menyampaikan ini karena kami berlari lebih banyak dari tim lain. Tapi, kami berada di angka Biasanya jikalau menonton statistik."

"Kami juga memiliki teknik yang hebat, seandainya tidak, kami tidak bakal menempa 98 gol. Ide saya tentang sepak bola ialah melibatkan seluruhnya pemain dan kami banyak berlatih dengan bola, itu merupakan hal terpenting," jelas Gasperini.

Komentar